Single Blog Title

This is a single blog caption

7 Persiapan Liburan yang Tak Boleh Dilewatkan

Di masa pandemi saat ini, liburan adalah hal yang paling dirindukan oleh banyak orang. Tetapi kalian masih bisa kok liburan dengan cara aman, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Apa saja sih yang harus kamu persiapkan untuk berlibur di masa pandemi?

Pasalnya, persiapan liburan di masa pandemi harus dilakukan secara detail dan menyeluruh sehingga liburan pun berjalan sesuai harapan. Apa saja sih yang harus kamu persiapkan? Kami, tim Jackal Holidays Pariwisata, akan memberikan tips jitu-nya! Simak baik-baik, ya.

  1. Tentukan Destinasi Liburan

Kamu harus benar-benar menentukan tujuan wisata sesuai keinginan kamu, apakah ke wisata alam, main di perkotaan, ke taman bermain, atau pergi ke tempat yang terkenal. Untuk mencari destinasi yang tepat, kamu bisa lihat terlebih dahulu dari review orang-orang yang bisa kamu temukan di situs seperti Google, Traveloka, Tripadvisor, sosial media, atau dari teman-teman kamu. Selain itu, kamu juga harus cari tahu akomodasi yang tepat untuk menuju ke tempat wisatanya. Apakah bisa memakai mobil pribadi atau memakai bus pariwisata, dengan tujuan untuk menghindari kendala saat berlibur.

  1. Tentukan Jadwal 

Buatlah jadwal liburan dari jauh-jauh hari agar terhindar dari jadwal yang bentrok. Segeralah persiapkan tiket perjalanan untuk pulang pergi, karena untuk tiket akomodasi, kamu bisa mendapatkan harga lebih murah apabila kalian memesannya jauh dari sebelum hari keberangkatan.  Kalian juga bisa sewa bus pariwisata untuk menghemat budget.

  1. Tentukan Budget Liburan

Hal yang paling penting adalah menentukan budget liburan. Dengan menentukan budget, kamu akan tahu ingin liburan dengan cara seperti apa, apakah liburan ala backpacker yang hemat atau liburan mewah. Selain menentukan cara liburan, kamu bisa hitung budget untuk kendaraan, apakah kamu ingin sewa bus pariwisata, beli tiket pesawat, atau armada travel. Tak lupa juga untuk atur akomodasi lain seperti hotel dan tiket masuk wisata yang perlu kamu hitung.

  1. Dokumen dan Surat-Surat

Jangan menyepelekan dokumen yang harus kamu bawa. Dokumen apa saja kah itu? Kamu bisa menyiapkan mulai dari tanda pengenal, passport, hingga surat kesehatan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi seperti saat ini, karena ada beberapa wilayah yang memerlukan surat tersebut sebelum kamu memasuki daerah wisata. Agar dokumen dan surat-suratmu aman dibawa saat liburan, kamu bisa menyimpannya di dalam satu tas (travel wallet) yang selalu kamu bawa. 

  1. Buat Jadwal atau Itinerary Liburan.

Sebelum berangkat traveling atau liburan, alangkah baiknya kamu susun jadwal liburan kamu agar perjalanan lebih efisien dan lebih terorganisir. Susun juga kapan kamu akan memulai packing, jadwal membeli tiket, dan sebagainya. Setelah membuat jadwal, jangan lupa set reminder atau buat pengingat agar kamu tidak lupa untuk melakukan apa yang sudah kamu rencanakan. 

  1. Atur Akomodasi Liburan

Persiapkan akomodasi mulai dari transportasi terlebih dahulu. Misalkan kamu pergi bersama teman-teman kamu, kamu perlu mempersiapkan kendaraan yang akan kamu gunakan seperti sewa bus pariwisata atau sewa kendaraan pribadi. Untuk bus pariwisata pun terbagi menjadi 3 jenis yaitu big bus pariwisata, medium bus pariwisata, minivan. Jadi, jangan sampai salah saat menentukan kendaraan agar tidak terjadi hambatan saat liburan.

  1. Buat Daftar Barang Bawaan

Sebelum kamu liburan, kamu bisa bayangkan kemana saja kamu akan pergi. Dari situ, kamu akan mengetahui list atau daftar barang bawaan apa saja yang kamu butuhkan dengan cara menulisnya di handphone atau notebook. Kalau kamu bingung, kamu bisa tanya ke teman yang pernah ke tempat wisata tersebut, atau mencari tahu di internet. 

Yang terpenting dari mengatur barang bawaan ini adalah untuk membawa barang sesuai destinasi saja. Misalnya, kalau kamu pergi ke Eropa saat cuaca dingin, kamu bisa siapkan jaket khusus saat musim dingin. Jangan sampai ada yang tertinggal karena kurang persiapan. Terutama saat kamu memiliki masalah kesehatan, obat-obatan pribadi bisa jadi masuk ke list barang bawaan mu.

Daripada bingung, tim kami sudah membuat list kebutuhan dari barang apa saja yang bisa kamu bawa untuk liburan, nih! Intip dulu, yuk.

  • Koper atau ransel

Sesuaikan dengan tujuan wisata kamu, ya. Jangan sampai tujuan liburanmu ke gunung tapi kamu malah bawa koper.

  • Toiletries atau alat kebersihan dan kesehatan pribadi

Kebutuhan ini sangat penting dibawa agar kamu tetap nyaman, memiliki kondisi badan yang fit, dan juga tampil keren saat  liburan.

  • Botol minum pribadi

Di masa pandemi seperti ini, kamu harus hati-hati dengan keadaan sekitar. Minum dengan botol sendiri akan menjaga kesehatanmu dan orang sekitarmu.

  • Power Bank

Untuk keadaan darurat, powerbank sangat dibutuhkan agar kamu tetap bisa menggunakan handphone sesuai keperluan, hingga bisa tetap eksis di media sosial.

  • Uang Tunai

Jika kamu liburan ke tempat yang jauh dari kota, kamu harus membawa uang tunai lebih untuk keperluan kamu nanti, terutama saat kamu liburan ke luar negeri. Wajib hukumnya kamu untuk membawa cash agar melakukan transaksi pun lebih mudah.

  • Kamera

Untuk apa liburan tapi tidak diabadikan? Kamera wajib kamu bawa demi mengenang indahnya momen liburanmu di kemudian hari! 

  • Kacamata Hitam

Apabila tujuan liburanmu pergi ke tempat outdoor, lebih baik kamu membawa sunglasses untuk melindungi mata kamu dari sinar ultraviolet.

  • Headset atau Earphone

Kamu bisa menggunakan salah satunya saat dalam perjalanan, seperti di pesawat atau di bus. Mendengarkan musik yang kamu sukai akan menambah kesenangan liburan mu.

  • Sandal dan Sepatu yang Nyaman

Supaya menambah kenyamanan kamu saat liburan, memakai sandal atau sepatu yang sesuai dengan destinasi yang kamu pilih adalah hal yang sangat penting. Kamu nggak mau ‘kan saat liburan kaki kamu malah lecet karena salah memakai alas kaki?

  • Travel Charger

Kalau kamu pergi keluar negeri, kamu wajib membawa item ini untuk keperluan barang-barang elektronik kamu yang mungkin akan habis saat pemakaian.

  • Lotion

Body lotion adalah salah satu barang yang wajib kamu bawa untuk membantu menjaga kesehatan kulitmu selama liburan karena perbedaan cuaca, terutama saat kamu berlibur ke tempat yang panas. Kamu tidak hanya membutuhkan lotion, kamu juga akan memerlukan sunscreen. Selain itu, lotion juga bisa melindungi kamu dari kanker kulit dan bisa mencegah sunburn pada kulit kamu.

Kegiatan yang bisa mempermudah dan bikin liburanmu lebih nyaman dan aman,

  • Tukar Uang Sebelum Pergi ke Luar Negeri

Hal ini dilakukan untuk mempermudah transaksi saat kamu berlibur

  • Datang Lebih Awal ke Bandara atau Stasiun Bus Pariwisata

Untuk menghindari ketinggalan pesawat atau mengacaukan jadwal yang sudah kamu susun.

  • Web Check-In Lebih praktis

Kegiatan ini akan membuat kamu lebih praktis, jadi saat di bandara kamu tidak usah repot untuk check in kembali.

  • Menimbang tas bawaan sebelum pergi.

Kalau kamu berpergian menggunakan pesawat, menimbang barang bawaan kamu lebih baik sebelum ke bandara, karena setiap maskapai pesawat mempunyai peraturan maksimal barang bawaan, supaya kamu tidak membayar kelebihan bagasi.

  • Istirahat yang cukup sebelum bepergian.

Liburan akan menghabiskan energi kamu, di kendaraan juga sudah capek biasanya, untuk menghindari kamu sakit saat berlibur, lebih baik kamu istirahat dan mempersiapkan tenaga untuk berlibur.

  • Cek kamar Penginapan / Hotel.

Saat tiba di tempat penginapan jangan langsung istirahat, ada baiknya kamu langsung cek-cek fasilitas kamar, seperti TV, AC, Kamar Mandi, Sprei kasur, apabila ada fasilitas kamar yang tidak berjalan kamu bisa minta pindah kamar.

  • Kunci kamar Penginapan.

Untuk menghindari orang masuk ke kamar kamu, kamu wajib mengunci kamar kamu, soalnya kadang ada orang yang punya kunci kamar kamu. 

  • Optimalkan Sarapan di Penginapan atau hotel.

Jika menginap di tempat penginapan yang menyediakan sarapan, gunakan fasilitas itu, selain menghemat budget kamu, dengan nutrisi yang kamu dapat dari sarapan bisa memulai liburan setiap harinya.

  • Jangan Asal Taruh Barang di Penginapan.

Supaya barang kamu tidak tertinggal di penginapan, dari awal kamu menginap, simpan barang-barang kamu jangan sembarangan, supaya saat nanti kamu check out dengan mudah kamu bisa packing tanpa ada yang tertinggal.

  • Menjaga Tas di Tempat Umum.

Saat kamu berpergian ke tempat yang ramai, pastikan resleting tas yang kamu gunakan tertutup rapat, dan gunakan di depan badan kamu, supaya tetap terjaga dengan baik.

  • Berkendaraan dengan Baik dan aman.

Jika kamu menggunakan mobil pribadi untuk liburan, berkendaralah dengan hati-hati, ikuti rambu lalu lintas yang ada di kota itu, hormati semua pengendara, tetapi kalau kamu malas menggunakan mobil pribadi kamu bisa sewa bus pariwisata di Jackal Holidays Bandung, kita jamin kamu aman dan akan menikmati liburan kamu, di perjalanan kamu bisa istirahat dan menikmati fasilitas di bus pariwisata kita. Dan kamu ga akan nyasar di kota tujuan karena supir kita sudah sangat berpengalaman di bidang pariwisata.

  • Waspada kejahatan.

Selalu berhati-hati menjaga barang bawaan mu, hindari kerumunan, selalu waspada akan kejahatan, seperti copet, dll.

  • Jaga Tata Krama dan jangan malu bertanya warga lokal.

Karena kamu ada di tempat orang, selalu jaga sopan santun, tidak jarang banyak turis yang berantem dengan warga lokal. Supaya kamu tidak kesasar jangan malu bertanya ke warga lokal yah.

Kalau kamu tidak punya waktu untuk mengatur akomodasi, percayakan perjalanan darat kamu sama Jackal Holidays, kami menyediakan penyewaan Big Bus, Medium Bus, dan Minivan dengan harga murah sesuai budget yang kamu punya, kamu punya teman atau saudara di luar negeri dan ingin di atur jadwal liburannya, kami punya divisi Inbound Tour, yang siap mempersiapkannya dari awal sampai akhir. Kami juga hadir untuk kamu yang sering bepergian dari Bandung ke Jakarta atau sebaliknya di divisi Luxury Shuttle Jackal Holidays.

Cari Tahu Tarif wa Bus Termurah

Cari tahu di sini!

1 Response

Leave a Reply

5 × one =