Single Blog Title

This is a single blog caption

Mau Liburan Hemat? 7 Cara Ini Wajib Kamu Ikuti!

Kamu punya rencana liburan tapi selalu gagal karena isi dompet yang pas-pasan? Jangan khawatir! Kamu tetap bisa liburan secara maksimal menggunakan budget yang kamu punya dengan cara liburan ala backpacker! Kenapa harus backpacker?

Bisa dibilang, cara liburan backpacker ini adalah solusi tepat bagi para traveller untuk bisa mengunjungi destinasi wisata impian tanpa harus mengeluarkan biaya besar. Namun, liburan ala backpacker ini rentan akan kegagalan jika biaya yang keluar tetap overbudget atau melenceng dari ekspektasi yang serba hemat. 

Itu tandanya kamu wajib baca sampai bawah mengenai tips dan trik liburan hemat, low-budget, namun berkesan ala backpakcer yang pasti berhasil!

1. Hindari Musim Liburan dan Weekends

tips liburan hemat 1

Tips penting yang harus kamu perhatikan pertama kali adalah memilih kapan waktu yang tepat untuk liburan. Jika kamu memang menginginkan liburan yang low-budget, pilihlah perkiraan waktu yang orang lain jarang pilih, seperti misalnya saat weekdays. Selain harga yang ditawarkan cenderung lebih murah, destinasi wisata tujuanmu akan jauh lebih sepi pengunjung dibandingkan hari saat musim liburan. Solusi cerdas untuk tetap bisa liburan aman di tengah pandemi, bukan?

Cara yang tepat jika kamu menginginkan harga murah namun lokasi wisata sepi, kamu hanya perlu tentukan kapan harus mengambil jatah cuti jika kamu bekerja, atau jatah absen jika kamu masih sekolah. Tentu saja, rencana penentuan waktu liburan yang tepat akan gagal jika kamu tidak melakukan langkah selanjutnya.

2. Tentukan Budget Maksimum

tips liburan hemat 2

Budget atau anggaran liburan merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan, jika kamu ingin liburan secara hemat. Agar liburan ala backpacker tidak overbudget, pastikan kamu memilih destinasi yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Jika budget sudah ditentukan, maka memilih tujuan untuk berlibur pun akan lebih mudah.

Misalkan, kamu punya anggaran 5 juta untuk liburan backpacker kali ini. Dengan anggaran yang ada, kamu bisa mulai survei semua yang kamu butuhkan mulai dari destinasi, transportasi, hingga penginapan yang terjangkau. Masing-masing kebutuhan pun memiliki tips dan triknya sendiri agar anggaran liburan tidak membengkak, poin selanjutnya bisa menjawab semua pertanyaanmu.

3. Cari Penginapan Murah Namun Nyaman

tips liburan hemat 3

Liburan ala backpacker biasanya tidak menginap di hotel berbintang. Sebaliknya, kamu wajib mencari penginapan yang sederhana sesuai dengan budget yang telah kamu tentukan. Backpacker sejati punya kata kunci sendiri untuk mencari penginapan terjangkau, seperti “home stay”, “guest house”, “hostel”, atau “motel”. 

Jangan heran jika sudah menemukan berbagai penawaran harga yang murah meriah ya, karena memang penginapan itu dibuat khusus untuk para backpacker! Meski begitu, kamu tetap harus survei secara mendalam tentang kenyamanan dan keamanan penginapan yang akan kamu pilih, ya. 

4. Tentukan Destinasi

tips liburan hemat 4

Destinasi di sini memiliki lebih dari satu arti, bisa sebagai kemana kamu akan berlibur, atau sebagai tempat wisata dan kuliner mana saja yang akan kamu kunjungi saat berlibur. Keduanya harus dipikirkan secara matang agar tidak ada pengeluaran yang berlebihan.

Misalnya, kamu bertujuan untuk liburan hemat ke DIY Yogyakarta. Tidak berhenti di situ, kamu juga perlu menentukan tempat wisata mana saja yang cocok dengan kondisi keuanganmu. Biasanya backpacker lebih memilih untuk mengunjungi lokasi wisata alam, spot wisata lokal yang menawarkan pengetahuan seni dan budaya, juga kuliner lokal di pasar atau pinggir jalan.

5. Hindari Mengeluarkan Uang di Tourist Spot

tips liburan hemat 5

Tourist spot merupakan istilah dari sebuah tempat yang pasti jadi tujuan para turis, karena lokasinya terkenal atau ikonik. Bisa dibilang, semua destinasi wisata memiliki tourist spot dimana harga yang ditawarkan di lokasi tersebut terhitung mahal bagi seorang backpacker

Jika kamu tidak mau pengeluaran membengkak, cobalah untuk tidak berbelanja di tempat ini. Biasanya, masih banyak tempat yang menawarkan barang yang sama dengan harga yang lebih terjangkau.

6. Kontrol Pengeluaran dengan Menggunakan Cash

tips liburan hemat 6

Meskipun tidak selalu direkomendasikan, terutama di masa pandemi saat ini, namun cara ini memiliki dampak besar untuk menyelamatkan keuanganmu, loh. Kamu akan lebih sadar sudah seberapa banyak biaya yang keluar selama kamu liburan, dibandingkan jika kamu mengandalkan berbagai jenis kartu untuk bertransaksi. 

Bukan berarti kamu tidak boleh menggunakan jenis transaksi kartu, ya. Usahakan kamu menggunakan kartu debit atau kredit dalam keadaan tertentu atau mendesak saja. Dengan melakukan langkah ini, godaan untuk menghamburkan uang dijamin akan berkurang!

7. Pilih Jalur Darat Jika Memungkinkan

tips liburan hemat 7

Umumnya jalur darat memakan waktu lebih lama, namun menghabiskan biaya lebih hemat. Sebagai backpacker, kamu juga akan mendapatkan pengalaman road trip paling berkesan jika didukung dengan kendaraan dan segala fasilitasnya yang nyaman. 

Kamu bisa percayakan perjalanan daratmu bersama Jackal Holidays Pariwisata Tour, Travel, and Ticketing. Di Jackal, kamu bisa memilih kendaraan sesuai budget dan kebutuhan, seperti sewa mobil pribadi, sewa bus mini, atau bus besar yang dilengkapi dengan fasilitas ternyaman. Harga sewa? Cocok banget buat yang mau liburan hemat ala backpacker

Cari Tahu Tarif Sewa Bus Termurah :

Cari tahu di sini!

Tags:

Tips liburan saat pandemi, tips liburan backpacker, tips backpacker murah, tips liburan hemat, tips liburan low budget, waktu yang tepat untuk liburan, tips liburan bagi pemula, sewa bus pariwisata, bus pariwisata bandung, sewa bus murah

2 Responses

Leave a Reply

7 − three =